We are apologize for the inconvenience but you need to download
more modern browser in order to be able to browse our page

Download Safari
Download Safari
Download Chrome
Download Chrome
Download Firefox
Download Firefox
Download IE 10+
Download IE 10+

Tahbisan Mgr.Samuel Oton Sidin, OFMCap

22 Maret 2017

Tahbisan Mgr.Samuel Oton Sidin, OFMCap sebagai Uskup Keuskupan Sintang, Kalimantan Barat.

Pastor Samuel Oton Sidin, OFM Cap sebagai Pastor Paroki Asisi Tebet, Jakarta, per tanggal 21 Desember 2016 telah dinyatakan diangkat sebagai Uskup Keuskupan Sintang, Kalimantan Barat oleh Mgr. Antonio Guido Filipazzi sebagai utusan Bapa Paus Fransiskus dari Tahta Suci Vatikan. Dan pada hari Rabu, 22 Maret 2017 di Stadion Baning, Sintang secara resmi diadakan misa tahbisan Pastor Samuel yang telah menyandang nama baru menjadi Mgr.Samuel Oton Sidin, OFMCap sebagai Uskup Keuskupan Sintang.

Stadion Baning yang cerah sudah nampak sibuk dari pagi hari guna mempersiapkan segala rangkaian acara misa tahbisan agar berjalan dengan baik dan lancar. Tepat pukul 09.00 pagi barisan para Pastor dari berbagai Paroki mengawali iring-iringan petugas misa menuju altar, diikuti dengan iring-iringan 29 Uskup dari penjuru Nusantara. Terlihat beberapa pastor yang pernah dan masih berkarya di Paroki Asisi Tebet seperti Pastor Heribertus Heri, OFMCap., Pastor Heliodorus, OFMCap., Pastor Kosmas Jang, OFMCap., Pastor Yosef Ekatom, OFMCap., Pastor Julius Lingga, OFMCap., Pastor Victor, OFMCap., Pastor Leonard Paskalis Nojo, OFMCap., Pastor Robertus Bellarminus, OFMCap. dan Pastor Damian Doraman, OFMCap.

Pada misa, Mgr.Samuel Oton Sidin, OFMCap ditahbiskan oleh Mgr.Agustinus Agus sebagai Uskup Penahbis Utama yaitu Uskup Agung Pontianak dan Mgr.Pius Riana Prapdi dari Ketapang dan Mgr.Yulius Mencucini, CP dari Sanggau sebagai Uskup Penahbis Pendamping. Mgr.Sam begitu beliau disapa, dilantik sebagai gembala utama umat Katolik di wilayah Sintang yang mencakup Kabupaten Sintang, Kapuas Hulu dan Melawi. Beliau merupakan uskup keempat dari Keuskupan Sintang yang berada di wilayah Provinsi Gerejawi Pontianak. Suasana pelantikan terasa sangat khusuk dan penuh sukacita, ketika beliau mengucap janji sebagai Uskup dan diberkati oleh seluruh Uskup yang hadir pada misa penahbisan tersebut.

Setelah berkat penutup, Mgr.Samuel Oton Sidin, OFMCap menuruni altar dengan memberikan berkat untuk seluruh umat yang hadir. Tak luput pula berkat itu menghampiri untuk seluruh umat Paroki Asisi Tebet yang hadir di Stadion Baning. Senyum sukacita dari Mgr.Sam merekah ketika pemberkatan dan tak lupa pula teriring doa dari seluruh umat untuk karya beliau ditempat yang baru. Setelah memberi berkat, Mgr.Sam dipersilahkan untuk memberikan kata sambutan. Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran terhormat Tahta Suci Vatikan, KWI dan Pemerintahan Kalimantan Barat atas tugas yang telah dipercayakan kepadanya ini. Beliau juga tidak lupa mengucapkan terima kasih bagi umat Paroki Asisi Tebet, Jakarta atas perhatian, dukungan dan doa bagi beliau selama bertugas sebagai Pastor Kepala Paroki Asisi Tebet dari tahun 2012 hingga beliau dinyatakan terpilih sebagai Uskup Sintang.

Kurang lebih 100 orang umat Paroki Asisi Tebet, yang terdiri dari Anggota Dewan Paroki, Tokoh-tokoh Paroki, Koor Paroki dan beberapa umat Paroki hadir di Stadion Baning, Sintang. Seluruh umat Paroki Asisi Tebet yang hadir guna menyaksikan dan mendukung misa tahbisan mantan Pastor Kepala Paroki Asisi, Mgr.Samuel Oton Sidin, OFMCap yang telah diangkat dan dilantik sebagai Uskup Keuskupan Sintang.

Selamat bertugas Mgr.Samuel Oton Sidin, OFMCap sebagai Uskup Keuskupan Sintang, semoga Mgr.Sam selalu diberikan kesehatan dan kesetiaan dalam pelayanan dan penggembalaan selama di Sintang. Terima kasih atas pelayananmu kepada umat di Paroki Asisi Tebet, Jakarta. Tuhan berkati!

 

-Komsos Asisi Tebet-