We are apologize for the inconvenience but you need to download
more modern browser in order to be able to browse our page

Download Safari
Download Safari
Download Chrome
Download Chrome
Download Firefox
Download Firefox
Download IE 10+
Download IE 10+

Profil Mgr.Samuel Oton Sidin, OFMCap

Profil Mgr.Samuel Oton Sidin, OFMCap

Beliau lahir di Peranuk, 12 Desember 1954, merupakan anak ke-5 dari 11 bersaudara dari pasangan Bapak Yakobus Sidin dan Ibu Yakoba Unduk. Mengawali pendidikan di SD Setibak, SD Teriak dan SD Bengkayang (1962-1969), SMP Timonong dan Seminari Menengah St.Paulus, Nyarumkop (1970-1976), kemudian masuk Ordo Kapusin pada 12 Januari 1977, menerima kaul kekal pada 18 Juli 1982 dan menerima tahbisan imamat pada 1 Juli 1984. Selanjutnya menjadi Pastor Rekan di Paroki Nyarumkop dari 1984-1985. Beliau melanjutkan studi strata 3 Spiritualitas di Antonianum, Roma dari 1985-1990. Sepulangnya studi dari Roma, beliau diangkat menjadi Wakil Magister Novisiat Kapusin di Prapat, Sumut dari 1993-1997, lalu diangkat menjadi Provinsial Ordo Kapusin provinsi Pontianak pada 1997-2003. Pada tahun 2003-2008, Mgr.Sam menjabat sebagai Direktur Rumah Pelangi, dan mendapat penghargaan Kalpataru dari Presiden Bambang Yudhoyono pada tahun 2012 untuk bidang konservasi hutan. Pada tahun 2009-2012 beliau lanjut menjabat Provinsial Ordo Kapusin provinsi Pontianak. Dan pada tahun 2012-2016 beliau diutus menjadi Pastor Kepala Paroki Santo Fransiskus Asisi, Tebet, Keuskupan Agung Jakarta, sebelum akhir nya diangkat sebagai Uskup Keuskupan Sintang pada 21 Desember 2016.

Banyak sekali pelayanan Mgr.Sam yang sangat nyata yang dapat dilihat selama di Paroki Asisi Tebet. Beliau yang sangat cinta pada lingkungan hidup ikut menanam beberapa tanaman dan tumbuhan diarea Gereja, Pastoran dan Gua Maria, hingga lingkungan Gereja pun terlihat lebih asri dari yang sebelumnya. Mgr.Sam merupakan sosok Pastor Kepala Paroki yang baik dan setia merangkul seluruh umat di Paroki Asisi Tebet mulai dari orang muda hingga orang tua, baik sebagai Pastor maupun sebagai Bapak, walaupun kadang ada anggapan bahwa beliau galak karena terlihat jarang tersenyum. Mgr.Sam sangat gemar memancing, kegiatan yang biasa dilakukan dengan pastor rekan dan beberapa pegawai Gereja ketika kegiatan Paroki sedang tidak padat. Mgr.Sam juga memiliki andil yang sangat besar bagi perkembangan dan pertumbuhan Paroki Asisi Tebet terutama dalam menyambut HUT 50 tahun Paroki pada 4 Oktober 2016 yang lalu. Beliau memiliki gagasan untuk perbaikan dan penambahan beberapa fasilitas Paroki seperti Pojok Fransiskus, Gua Maria, Ruang Adorasi, Gedung Karya Pastoral dan Rumah Pastoran yang sudah mulai pada tahun 2016.

Pengumuman pengangkatan Mgr.Samuel Oton Sidin, OFMCap pada 21 Desember 2016 oleh Mgr.Antonio Guido Filipazzi menjadi berita sukacita yang memberi kebahagiaan dan kebanggaan bagi seluruh umat Paroki Asisi Tebet pada khususnya dan seluruh umat seluruh Nusantara pada umumnya. Ini membuktikan bahwa Pastor Sam sebagai mantan Pastor Kepala Paroki Asisi Tebet kami ini memang layak dan pantas menggembala umat dalam lingkup yang besar dengan tanggung jawab yang lebih besar pula.

Selamat bertugas Mgr.Samuel Oton Sidin, OFMCap sebagai gembala umat di Keuskupan Sintang, Kalimantan Barat! Semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan dan kesetiaan dalam tugas dan pelayananmu selama di Sintang. Doa kami umat Paroki Asisi Tebet selalu menyertai Mgr.Sam. Tuhan berkati!

 

-Komsos Asisi Tebet-